inspirasi web design

4 Fakta Menarik Tentang Web Desain

Jika kamu adalah termasuk orang yang sangat mudah terpesona ataupun sangat mudah berganti mood dikarenakan melihat tampilan desain dalam sebuah website. Mungkin anda harus mengetahui bagaimana seluk-beluk proses pembuatan desain website yang mungkin saja belum anda ketahui. Menjadi seorang visitor (pengunjung) ke dalam sebuah website memanglah seakan-akan kita menjadi raja karena kita bagaikan tamu yang berkunjung ke rumah seseorang dan anda tinggal menilai kondisi website yang anda kunjungi dengan seenaknya sendiri, namun terkadang penilaian kita terhadap webiste yang kita kunjungi itu seakan-akan kita tidak paham bagaimana proses webiste itu dibuat.

Yang anda harus ketahui adalah setidaknya anda paham bagaimana web browser itu berbeda-beda dalam menampilkan sebuah website, pengalaman pengunjung atau kebiasaan seorang pengunjung terhadap suat webiste sangatlah bergantung pada faktor yang dasar saja diantaranya yaitu seperti lama atau cepat nya loading webiste tersebut, desain website, dan juga konten yang ada pada website. Berikut ini adalah 8 fakta tentang web desain yang mungkin anda belum ketahui.

1. Setiap website diproses berbeda pada setiap web browser

Ketika anda melihat sebuah tampilan webiste yang menggunakan browser Firefox dari laptop anda sendiri mungkin anda akan melihat tampilan yang sama dengan ketika anda membuka webiste tersebut menggunakan browser Safari pada iPhone. Namun semua nya bisa saja berbeda ketika anda membuka nya melalui Internet Explorer ataupun Opera, karena setiap browser itu biasanya menerjemahkan kode tampilan website pasti berbeda. Pada beberapa browser ada sebuah fitur atau teknologi baru yang sudah di adopsi, sedangkan browser lain nuya terkadang belum mampu mengadopsi teknologi terbaru yang sudah terpasang pada web browser lain nya hasil nya tampilan website akan berbeda. Desainer webiste yang profesional biasanya akan ahli dalam menghadapi masalah seperti ini karena mereka sudah terbiasa dengan kode-kode HTML dan CSS standar.

2. Desain Webiste Sangat Menentukan Bagian Mana Visitor akan Fokus ke Website anda.

Internet telah mengubah cara kita mencari, dan membaca konten, ini terbukti dari laporan dai Nielson Norman Group, bahwa situs website yang sukses dengan tata letak yang strategis dan scannable memliki peningkatan sampai 47%. Ketika pengunjung website anda tidak menemukan konten yang dia cari atau melihat desain website anda kurang menarik maka para pengunjung cenderung akan meninggalkan website anda dan mencar website yang lain nya.
Maka dari itu Web desainer akan selalu berusaha untuk membuat sebuah tampilan website yang mempunyai loading yang cepat, desain yang profesional, dan konten yang menarik supaya para visitor merasa terpuaskan dengan website yang mereka kunjungi, hasil nya mereka akan mengunjungi website anda secara rutin.

3. Gambar dan Video pada Website akan akan berpengaruh untuk webiste anda.

Konten multimedia seperti gambar dan video ternyata sangatlah berpengaruh untuk peforma website anda, karena ketika website dipenuh oleh video atau gambar kecepatan (peforma) website anda akan melambat dikarenakan banyaknya konten multimedia yang tidak teratur. Penyebab dari lambatnya loading website anda yaitu besarnya file gambar dan file video pada website anda, ketika pengunjung ingin mengakses salah satu halaman website anda namun sang pengunjung menunggu loading dari website anda yang terlalu lama otomatis sang pengunjung akan merasa tidak puas dengan keadaan website anda yang hasilnya mereka akan meninggalkan website anda.

Profesional web itu biasanya akan sangat menghindari format file multimedia seperti gambar dan video yang sudah usang seperti Flash yang saat ini sudah tidak didukung secara penuh oleh platform mobile, dan sebaliknya mereka akan mendukung standar yang sudah ada saat ini yaitu video HTML5, karena saat ini orang dapat mengakses media secara luas dari perangkat apapun yang sedang banyak digunakan saat ini.

4. Desain website yang responsive dan Desain web mobile

Masih banyak sekali orang yang tidak bisa membedakan antara desain webiste yang responsive dan desain web mobile, mereka hanyan sekedar menikmati sebuah website yang sudah menggunakan desain reposive dan web mobile. Yang mereka tau hanyalah ketika di akses melalui handphone akan menjadi kecil dan ketika diakses melalui dekstop akan menjadi lebar, sebetulnya responsive dan mobile desain itu sangat berbeda.

Desain web mobile itu biasanya membatasi webiste yang mengadopsi trik desain web mobile, ini memerlukan dua web yaitu versi dekstop dan versi mobile.

Desain responsive akan lebih fleksibel, cukup menggunakan satu desain dan kode yang sama namun ketika website dibuka dengan berbagai ukuran atau jenis perangkat. Hal ini akan memberikan pengalaman lebih baik untuk para pengunjung yang sedang mengakses website anda, desain web responsive akan menggunakan resource yang sama hanya saja teknik nya bisa membuat gambar, tipografi dan pilihan menu navigasi nya akan tampil lebih maksimal dari pada desain web mobile.

Mulai Diskusinya di diskusi.theme.id