Masalah umum pada WordPress dan Solusinya

Masalah umum pada WordPress dan Solusinya
Error pada WordPress

Biasanya bagi pengguna pemula WordPress sering kebingungan pada saat ada error atau ada ada masalah dengan web yang menggunakan CMS WordPress. Ada juga yang kemudian menjudge WordPress jelek atau ga asik šŸ˜€

Padahal kebanyakan error Web dengan CMS WordPress adalah human error, meskipun ga sedikit juga error karena memang adanya bug, itupun biasanya error nya sangat spesifik di bagian-bagian tertentu saja.

Oke berikut adalah masalah umum pada Web yang ber-CMS WordPress dan sulosinya sekaligus ya:

Halaman Website Blank Page / Kosong

UntukĀ Cara Mengatasi Error Halaman Kosong atau Blank anda harus tau dulu darimana error nya. Biasanya beberapa developer theme yang memaksa tidak menampilkan error message (pesan error) sehingga pengguna kadang kebingungan pada saat ada error.
Nah solusi pertama adalah dengan menghilangkan penyebab errorĀ dengan cara berikut ini:

  1. Non aktifkan theme yang sedang aktif dengan cara merename nama theme aktif melalui cpanel / FTP misal dengan menambahkan akhiran -old
  2. Menon aktifkan satu per satu plugin dengan cara yang sama dengan nomor 1 di atas.

Nah 2 langkah tersebut seharusnya bisa menyelesaikan masalah sementara blank page di web WordPress anda. Namun ini belum selesai jika anda tetap ingin menggunakan theme atau plugin yang ada error nya maka anda harus mengikuti langkah selanjutnya yang lebih advance berikut ini:

Aktifkan ModeĀ Development dengan mengubah WP_DEBUG di file wp-config.php menjadi true atau dengan value 1 seperti berikut Ā ini:

define( 'WP_DEBUG', true );

Selanjutnya anda bisa buka lagi dan cari tahu dimana letak error nya, setelah di benahi jangan lupa untuk menjadikan mode normal dengan mengubah menjadi

define( 'WP_DEBUG', false);

Maintanance Mode setelah upgrade / Update WordPress

Pada saat proses update WordPress biasanya anda tidak akan bisa membuka web anda selama proses upgrade code WordPress, nah inilah yang di sebut mode maintanance biasanya akan ada message seperti ini:

Briefly unavailable for scheduled maintenance. Please check back in a minute

Namun jika sudah selesai upgrade kok masih aja muncul seperti itu, solusinya adalah dengan menghapus file .maintenanceĀ  di root domain anda.

Reset Password tidak Berfungsi

Jika anda adalah admin dan fungsi reset password tidak berfungsi maka anda dapat melakukan reset password dengan cara berikut:

  1. Akses file theme anda melalui FTP/ Panel dan edit file functions.php di folder theme yang sedang aktif.
  2. Tambahkan kodeĀ wp_set_password( 'password', 1 ); setelah pembuka php <?php. Penjelasan dari kode di atas adalah password – ini di isi dengan password baru anda. dan angka 1 adalah ID dari username anda. selengkapnya anda bisa baca codex WordPress
  3. Selanjutnya upload / save file functions.php tersebut kembali.
  4. Setelah anda bisa login kembali, hapus code wp_set_password( 'password', 1 ); di Ā filefunctions.php

Anda juga bisa mengedit via database dengan cara seperti video di bawah ini :

Jika anda bukan admin utama dan tidak punya akses ke panel / FTP anda bisa minta tolong reset password oleh admin yang punya role untuk mengedit data user.

Memori Tidak Cukup

Pada banyak server / hosting membatasi limit memori dengan default untuk menjaga semua performa isi server berjalan dengan baik. Tanda tanda memori tidak cukup atau kekecilan ini biasanya sebagai berikut:

  • Missing Schedule – alias post yang seharusnya terpublish yang sebelumnya di schedule tidak terpublish dengan baik. biasanya ini terjadi untuk web wordpress yang post nya cukup banyak antara 1000 Ā ke atas.
  • 504 Gateway Time-out –Ā ini terjadi biasanya juga karena post yang udah banyak atau banyak proses query dalam sekali load sebuah halaman.

Mungkin ada lagi, tapi itu yang saya sering alami. nah solusinya cukup simple ada 2 cara

  1. tambahkan kode berikut ini di wp-config.php
    define( 'WP_MEMORY_LIMIT', '64M' );

    ganti angka 64M misal jadi 128M atau 512M di sesuaikan dengan kapasitas RAM di server anda. Selebihnya anda bisa baca disiniĀ 

  2. Lebih simple lagi adalah dengan menambah RAM di server anda šŸ˜€

VisualĀ Editor error

Ini juga sering terjadi, visual editor tidak bisa di pake jadi mode nya text saja atau sebaliknya.

Nah hal ini biasanya terjadi karena ada bentrok jQuery atau Javascript dari plugin atau theme dengan core wordpress atau bisa juga karena ada javascript Ā atau jQuery wordpress tidak ter load dengan baik. Solusinya adalah sebagai berikut

  1. Pertama Coba cek koneksi anda, lancar atau tidak. Refresh beberapa kali browser anda. kalau perlu clear cache terlebih dahulu.
  2. Jika belum bisa juga, coba non aktifkan plugin satu persatu. Pada saat menon aktifkan satu plugin coba refresh halaman editor untuk mengecek apakah plugin tersebut yang bermasalah.
  3. Jika plugin sudah di non aktif masih juga, coba non aktifkan theme dengan cara yang sama dengan nomor 2.
  4. Jika ga bisa juga. Ā Download file Core WordPress disiniĀ Ā dan upload di root domain anda. Terlebih dahulu jangan lupa membackup wp-config.php dan upload via FTP atau CPANEL.

 

nah itu beberapa masalah umum yang sering terjadi pada WordPress. Jika ada pertanyaan seputar error pada WordpPress bisa anda tanyakan di komen form di bawah ini.

Published by

Hadie Danker

Masih belajar tentang seluk beluk web design dan web apps. Setiap hari bercengkrama di localhost untuk memenuhi hasrat belajar dan mengembangkan pengetahuan.

2 thoughts on “Masalah umum pada WordPress dan Solusinya”

Leave a Reply