8 Contoh Kasus Manajemen Leads CS yang Mungkin Tanpa Banyak Bersentuhan Dengan Iklan

Hadie Danker
8 Contoh Kasus Manajemen Leads CS yang Mungkin Tanpa Banyak Bersentuhan Dengan Iklan Icon

Mengelola CS Toko Online terkadang menemui banyak kondisi, dan kondisi-kondisi itu pula-lah yang kadang perlu kita sesuaikan. Mari kita kupas beberapa contoh kasus yang barangkali Anda pernah/akan/sedang alami.

Dalam aktifitas nyata sehari-hari pada praktiknya mungkin Anda akan menemui 7 kondisi ini yang mana pada praktiknya akan memungkinkan Anda bersentuhan dengan iklan-iklan, menduplikasi iklan, meng-on off iklan untuk kejadian-kejadian tertentu, dll.

Di beberapa kasus di bawah ini kita akan mengetengahkan manfaat dari teknologi rotasi leads yang dapat Anda manfaatkan dari http://Rotator.Ninja. (Anda dapat membaca artikel tentang manfaat teknologi rotasi dalam mengelola iklan toko online di Artikel Kami Sebelumnya)

Anggap URL link auto chat WA hasil dari rotator ninja yang Anda generate adalah sebagai berikut:

http://TokoKeren.com/WA

dan link di atas jika diklik Akan mengarah ke kontak WA yang Anda sesuaikan dg mengatur beberapa hal seperti contoh-contoh kasus di bawah ini:

  1. Anda seorang Single Fighter, Belum Punya CS

Walaupun Anda seorang single fighter, belum ada CS atau belum berani merekrut CS. Anda juga berhak mendapatkan kualitas iklan yang bagus. Yang dapat Anda lakukan adalah memperbagus kualitas dari sisi audience/penonton iklannya. Dengan memanfaatkan perilaku belanja calon pembeli yang datang ke WA Anda, Anda dapat merekamnya dengan Facebook Pixel agar dapat digunakan untuk optimasi iklan Web Conversion yang lebih baik.

Sehingga, facebook akan mencarikan orang-orang yang similar/mirip dengan orang-orang yang sudah WA ke kontak Anda. di Rotator.Ninja, Anda dapat merekam pixel facebook orang yang chat WA, dan spesialnya, rotator.ninja tanpa biaya tahunan untuk melakukan aktivitas ini, tinggal memanfaatkan website berbasis wordpress yang sudah Anda punya, bahkan yang mungkin sudah Anda gunakan untuk toko online Anda.

2. Anda Bagi Tugas dengan Istri atau Saudara untuk Handle Kontak Masuk

Barangkali Anda menjalankan toko online dan belum mempunyai CS, namun masih melayani sendiri, baik kerjasama/bagi tugas dg istri ataupun keluarga. Artinya leads yang masuk di atur berdasarkan waktunya dan dibagi ke 2 orang atau lebih. Rotator Ninja mampu melakukan hal ini dengan mengaktifkan pengaturan mode pembagian waktu.

Contoh kasus: Chat yang masuk ke WA untuk jam 07.00 WIB pagi s.d jam 17.00 WIB dihandle istri di rumah sambil momong anak, sedangkan chat jam 17.01 WIB sore s.d jam 06.59 WIB pagi dihandle Anda sebagai seorang suami merangkap advertiser.

setting leads sesuai jam yang diinginkan untuk suami.

setting leads sesuai jam yang diinginkan untuk Istri.

3. Anda selaku Suami kerjaan di kantor tidak terlalu sibuk, Leads dibagi 2 di saat yang sama dengan Istri

4. Anda mulai berani Rekrut CS, tapi CS andalan masih istri, sehingga CS baru dikasih porsi sedikit saja buat latihan, sementara Winning Campaign Iklan Masih jalan sampe sekarang

Jika di iklan/landingpage ada link rotator, Anda tidak menyentuh iklan tidak mengapa, cukup membagi leads di rotator ninja menjadi beberapa pembagian.

5. Anda mulai merasakan Nyamnya bisnis dihandle oleh Team dan mulai merekrut 5 CS, diantara CS tersebut 1 CS itu sudah senior, 4 CS masih belajar.

Tanpa mengubah/menduplikasi iklan Anda dapat membagi leads ke semua CS di atas, namun tentu dg penambahan budget iklan agar leads yang datang makin banyak.

6. Dari 5 CS yang Anda pekerjakan, H-2 sebelum Cuti yaitu pada hari Sabtu depan, CS1 Mengajukan cuti di hari tersebut, Anda dapat meng-off kan leads di CS tersebut di hari itu.

Kasus yang sama bisa Anda lakukan ketika CS izin tidak masuk karena sakit, atau di hari tersebut ada tanggal merah, Anda bisa alihkan misal ke Istri.

7. Anggap suatu ketika 5 CS Anda tidak maksimal melayani calon pembeli di malam hari, karena mereka letih bekerja seharian dan ingin menikmati kehidupan, Anda inisitaif merekrut CS Khusus Shift malam.

Settup nya dapat Anda lakukan mirip dengan kasus no.1 di atas.

8. Anda Nyaman Dengan Iklan Menuju ke Form Order untuk 5 CS Anda

Beberapa dari Anda mungkin ada yang nyaman menggunakan form order untuk iklan, karena barangkali berpikir dengan form order mampu merekam perilaku belanja pembeli dengan Facebook Pixel yang lebih berkualitas sampe level event pixel purchase.

Rotator Ninja juga dapat dimanfaatkan untuk hal ini dengan fitur link rotator nya. Anda dapat menyiapkan form yang Anda buat di web Anda, misal dengan layanan form GRATIS yang lagi trend saat ini dipakai oleh marketer toko online, CALDERA.

Misal Link Rotator yang Anda generate menuju 5 form di atas adalah:

TokoKeren.com/form-order

ketika link di atas diklik akan dirotasi dan menuju ke form order 5 CS di atas sesuai dengan porsinya. Link rotator di atas dapat Anda taruh di landingpage/web Anda misal dengan Button/Tombol “Form Pemesanan”, dll yang semisal.

Nah, itulah beberapa kasus yang mungkin Anda alami di dunia sehari-hari toko online Anda, dengan ini Anda bersentuhan lebih sedikit dengan iklan, terutama dalam hal duplikasi iklan dan on-offf iklan, karena leads bisa dimanajemen dg lebih baik dan praktis, insyaAllah.

Anda dapat menggunakan http://Rotator.Ninja untuk memanfaatkan teknologi rotasi ini. Rotator.Ninja juga mempunyai manfaat sebagai berikut:

>> Anda Adalah RAJA nya

Rotator Ninja adalah plugin wordpress yang diinstall di website Anda, sehingga Anda tidak takut hosting/server down karena yang mengatur adalah Anda sendiri, tidak digunakan ramai-ramai dengan pengguna yang lain. Hal ini akan menjaga agar leads/chat yang Anda alirkan ke customer service Anda tetap lancar jika memaksimalkan hosting/server Anda dengan baik.

>> Cukup Bayar Sekali (Tanpa Biaya Tahunan)

Karena berupa plugin wordpress, maka Anda adalah rajanya, pun tidak seperti penyedia layanan yang lain yang men-charge biaya tahunan, Rotator.Ninja cukup sekali bayar dan Free update versi untuk pengembangan fitur.

>> Mengatur Pembagian Leads ke CS berdasarkan Proporsi-nya

Jika Anda mempunyai CS lebih dari satu, maka dengan Rotator Ninja, Anda dapat membagi porsi traffic leads/chat ke CS Anda sesuai perbandingan, apakah akan diupukul rata ataukah sesuai porsi yang ingin Anda prioritaskan salah satunya sesuai perbandingan/prosentase.

Dengan ini Anda juga tidak repot dalam manajemen iklan, tidak perlu menduplikasi CANVAS sejumlah CS, belum perlu menduplikasi Landing Page sejumlah CS, tidak perlu membuat banyak post di page untuk diiklankan sejumlah CS. Anda perlu membuat 1 iklan dan diarahkan ke link auto chat WA yang dihasilkan dari Rotator.Ninja, dan leads akan terbagi sesuai proporsi yang bisa Anda tentukan sendiri.

>> Mengatur Pembagian Leads ke CS berdasarkan Waktu

Mengatur SDM, erat kaitannya dengan waktu, termasuk CS. Memindahkan chat di waktu libur ke CS yang lain, membagi porsi CS shift siang atau malam. Mengalihkan Chat CS yang cuti yang CS yang lain. Hal tersebut sangat mengganggu dalam hal manajemen iklan, me-mati dan hidupkan iklan, menaik dan turunkan budget, dll.

Termasuk jika misalkan Anda single fighter atau baru memiliki 1 CS, ingin membagi leads siang untuk CS/Istri, dan leads malam untuk diri sendiri. Sangat beragam kasus dalam hal pembagian leads berdasarkan waktu ini di kehidupan sehari-hari.

>> Split Test Landing Page, Link Form Order dan Channel AutoChat Lain dalam Fitur Link Rotator

Jika Anda mempunya beberapa landingpage yang ingin di test, mana yang convert, atau Anda ingin membagi porsi form order ke beberapa CS juga bisa. Anda juga bisa memasukan link-link tersebut, dan Rotator Ninja akan menghasilkan 1 link saja, dan ketika link tersebut diklik akan dialihkan ke beberapa landingpage tadi sesuai proporsi yang Anda tentukan.

Begitupula jika Anda mempunyai kontak tidak cuma WA saja, namun juga BBM dll, misalkan. Nah, Anda dapat memasukan beberapa kontak chat CS tersebut menggunakan fitur link rotator.

>> Memasukan Pixel untuk merekam Perilaku Belanja

Hal yang penting bagi pebisnis online dalam beriklan di facebook adalah memaksimalkan data perilaku belanja audience. Rotator.Ninja juga memikirkan hal demikian, sehingga Anda dapat memasukan pixel di tools ini agar dapat bermanfaat untuk optimasi iklan Facebook Anda.

>> Data Statistik Link Rotator yang Sudah Berjalan

Anda dapat mengecek traffic leads/link yang diklik oleh audience, berdasarkan beberapa hal. Hal ini untuk mengetahui seberapa banyak pembagian leads yang terjadi di hari-hari sebelumnya untuk tiap-tiap CS

Layanan tanya jawab pra-rilis Rotator.Ninja, informasi update, dan pengingat ketika rilis, semuanya bisa Anda ikuti di Group Telegram Calon Pembeli Rotator.Ninja, silakan klik tombol di bawah ini dan join :