Cara Melindungi Blog atau Situs WordPress Anda dari Spam

hariadi

Bagi anda yang memiliki blog dari wordpress, seringkali mendapatkan komentar spam yang sangat menjengkelkan. Ya hal ini menjengkelkan sekali karena masuknya dalam jumlah yang banyak dan juga bersamaan. Sebenarnya wordpress telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyertakan plugin default di instalasinya. Nama plugin tersebut adalah Akismet, anda hanya perlu mempunyai account di wordpress.com untuk mengaktifkan penangkal komentar spam tersebut.

Plugin Akismet melakukan pekerjaan yang besar dalam perang melawan spam WordPress. Efektif, Akismet bekerja dengan meninjau semua komentar di blog Anda dan menentukan apakah atau bukan spam-nya. Jika kebetulan Akismet menandai komentar sebagai spam yang tidak, itu pekerjaan sederhana untuk menyetujui komentar sehingga menunjukkan pada posting Anda.

Akismet adalah penjaga teratas untuk website WordPress de-spamifying dan untuk situs kecil, mungkin cukup. Namun, jika Anda menjalankan situs yang sibuk dengan banyak lalu lintas, maka itu rencana baik untuk memiliki beberapa senjata aresenal Anda.

Dalam bab ini, kita akan belajar cara melindungi blog atau situs WordPress Anda dari spam. Pastikan naskah WordPress Anda diperbarui ke versi stabil terbaru. WordPress dilengkapi dengan solusi antispam terinstal – Akismet.

Anda dapat mengaktifkan Akismet, untuk itu Anda harus memiliki kunci API WordPress. Anda harus mendaftar di situs resmi WordPress. Kuncinya akan dikirim ke kotak surat Anda.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan plugin Akismet Spam Protection untuk situs web atau blog Anda :

1. Pergi ke area admin WordPress Anda » Plugins » Installed. Layar berikut akan ditampilkan.

2. Klik tombol Activate seperti ditunjukkan pada layar berikut.

3. Plugin Akismet akan diaktifkan dan kemudian Klik tombol Activate your Akismet seperti yang ditunjukkan pada layar berikut.

4. Klik pada tombol Get your API key seperti yang terlihat di layar berikut untuk mendapatkan kunci baru atau masuk secara manual, jika Anda sudah memiliki tombol API.

5. Jika Anda tidak memiliki kunci API, klik tombol GET AN AKISMET API KEY untuk bergerak lebih jauh.

6. Isi kolom yang diminta dan klik tombol Sign up seperti ditunjukkan pada layar berikut.

7. Setelah Anda selesai dengan proses pendaftaran. Anda akan mendapatkan API key di id e-mail terdaftar Anda. Masukkan kunci API secara manual dan klik tombol Use this key seperti terlihat pada layar berikut.

8. Jika Anda telah memasukkan API key yang benar, itu akan diverifikasi dan Anda akan mendapatkan pesan konfirmasi seperti yang tercermin dalam layar berikut.

9. Sekarang blog anda akan terlindungi dari spam oleh Akismet. Anda akan dapat memeriksa komentar di blog Anda untuk spam, serta secara manual menandai komentar sebagai spam dari blog admin area » Comments.

Anda dapat melacak berapa banyak posting spam telah dihentikan oleh Akismet dan Anda dapat mengamankan posting, blog, komentar, dll. Selanjutnya, Anda dapat mencegah situs web Anda dari spammer, yang dapat membahayakan situs Anda.