Cara Membuat Database MySQL dengan phpMyAdmin di Localhost Menggunakan WAMPServer

Cara Membuat Database MySQL dengan phpMyAdmin di Localhost Menggunakan WAMPServer Icon

Untuk membuat website yang cantik dan profesional rasanya kurang pas jika tidak menggunakan database. Walapun tanpa database juga sebuah website bisa di buat, namun website tersebut tidak ada pengolahan datanya. Artinya, hanya berisi tampilan dengan tulisan-tulisan dan gambar-gambar yang tersimpan di dalam folder website tersebut. Dan semuanya itu harus diinput secara manual, maksudnya sebuah template website jika mau diisi dengan artikel baru atau tampilan desain baru, maka template tersebut harus di edit secara manual (contohnya menggunakan dreamweaver) hanya diganti isi kontennya, lalu disave dengan nama lain.

Lain ceritanya jika Anda menggunakan database, tidak hanya bisa menginput artikel, gambar, atau video terbaru secara otomatis di website tersebut, tapi Anda juga bisa mengolah data dan nilai. Misal pembuatan form daftar, pembuatan form login, atau pembuatan website Sistem Informasi Akademik.

Untuk itulah dibutuhkan pengetahuan tentang cara pembuatan database. Sebelum database itu di onlinekan, baiknya dibuat secara offline dahulu. Karena bisa hemat koneksi internet dan proses pembuatan offline juga lebih cepat. Sebab, tidak memerlukan koneksi internet, jadi loadingnya cepat.

MySQL merupakan sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data relasional open source yang bisa diakses hampir di semua jenis platform seperti Linux, UNIX, dan juga Windows. Meski demikian, MySQL lebih dikenal sebagai manajemen basis data untuk aplikasi berbasis web.

MySQL diakuisisi oleh perusahaan Sun Microsystems di tahun 2008 lalu pada tahun 2010 Sun Microsystems di beli oleh Oracle. Saat ini developer masih dapat menggunakan MySQL di bawah lisensi GNU General Public License, dan Oracle menyuruh untuk perusahaan harus menggunakan lisensi komersial.

Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar cara install WordPress menggunakan WAMPServer, kali ini Anda akan belajar bagaimana cara membuat database MySQL dengan PhpMyAdmin di localhost menggunakan WAMPServer. MySQL server ini sangat umum dipakai untuk database server sebuah website, dikarenakan sifatnya yg portable, opensource, memiliki fitur keamanan yang baik, dapat diintegrasikan dengan beragam bahasa pemrograman, dan mudah dalam penggunaanya. Hanya saja jika digunakan untuk skala yang kecil dan menengah MySQL ini sangat cocok, akan tetapi jika digunakan dengan database skala yang sangat besar akan menjadi problem. Untuk menjalankan database yang jauh lebih besar akan lebih cocok Anda menggunakan Oracle.

Cara Membuat Database MySQL dengan phpMyAdmin di Localhost Menggunakan WAMPServer

Setelah aplikasi WAMPServer terinstall dan file wordpress sudah Anda download, maka langkah berikut ini merupakan cara sebelum kita menginstal WordPress, Anda terlebih dahulu diharuskan membuat database MySQL dan user di phpMyAdmin. Database ini lah yang nantinya akan anda gunakan untuk meyimpan data – data website Anda, sehingga hal ini wajib dibuat. Dalam tutorial belajar wordpress kali ini, kita akan membahas langkah-langkahnya.

  1. Dalam membuat website Anda akan sangat familiar dengan yang namanya MySQL. Untuk bisa mengakses MySQL dari WAMPServer yaitu dengan cara buka browser Anda dan ketikkan URL : Localhost atau menggunakan IP 127.0.0.1. Maka muncul tampilan seperti ini :
WAMPServer Homepage
WAMPServer Homepage
  1. Lalu klik link phpmyadmin di bagian Your Aliases. Dan Anda akan di arahkan ke tampilan login phpMyAdmin. Biasanya phpMyAdmin membutuhkan autentifikasi pengguna dan defaultnya adalah “root”  dan tanpa password lalu klik Go
Laman Login phpMyAdmin
Laman Login phpMyAdmin
  1. Berikut ini tampilan phpMyAdmin page
Halaman phpMyAdmin
Halaman phpMyAdmin
  1. Klik pada menu Database, lalu silahkan Anda masukkan nama database yang akan dibuat, lalu klik Create.
Buat Database MySQL Baru di phpMyAdmin
Buat Database MySQL Baru di phpMyAdmin
  1. Selanjutnya tambahkan nama user untuk database yang baru saja Anda buat. Silahkan masuk ke database yang sudah dibuat, yang berada di barisan bagian sebelah kiri. Jika suda masuk, lihat menu Privileges/ Hak Akses. Lalu klik Add user/Tambah Pengguna.
Menambahkan Hak Akses dan User
Menambahkan Hak Akses dan User
  1. Selanjutnya, akan muncul form pembuatan user baru. Isi dengan username, Anda boleh mengisikannya dengan nama apapun teserah dari Anda, yang penting bisa Anda menghafalnya. Lalu isikan juga host, gunakan use text field saja, lalu isikan dengan localhost. Selanjutnya isi password 2 kali dan ingat harus sama. Terakhir, centang grant all privileges on database.
Mengisi Form Pembuatan User Baru
Mengisi Form Pembuatan User Baru
  1. Scroll ke bawah, maka Anda akan melihat opsi Global Privileges / Hak Akses Global untuk memberikan hak akses kepada user untuk mengelola semua database, klik Check All / Pilih Semua. Setelah itu, pencet tombol Go.
Klik Check All di Global privileges
Klik Check All di Global privileges

Itulah cara membuat database MySQL dengan phpMyAdmin di localhost menggunakan WAMPServer, yang menurut kami jauh lebih mudah untuk bisa Anda praktekkan. Secara default, untuk membuat database di phpMyAdmin secara default mempunyai user bernama “root” dan tanpa password. Jika Anda mau menggunakan user tersebut juga tidak masalah. Namun ada baiknya Anda menggunakan user sendiri.