Cara Menambahkan, Mengedit dan Menghapus Links di Halaman WordPress

hariadi

Berjumpa kembali dalam tutorial wordpress dari theme.id dan kali ini kita akan membahas Cara Menambahkan, Mengedit dan Menghapus Links di Postingan WordPress.

Apa itu links? Links dapat disebut sebagai salah satu cara untuk menautkan teks atau gambar terhadap alamat website lain. Jadi bila di blog atau di website ingin menghubungkan dengan alamat website lain, bisa menggunakan fungsi dari link tersebut.

Berikut ini fitur Links yang akan kita bahas dalam artikel ini:

1. Add Links
2. Edit Links
3. Delete Links

Add Links

Dalam bab ini, kita akan belajar untuk menambahkan link di halaman WordPress. Menambahkan link ke halaman atau posting blog Anda membantu Anda terhubung ke halaman lain.

Berikut adalah langkah mudah untuk menambahkan link di WordPress.

1. Klik Pages » All Pages di WordPress.

2. Daftar halaman yang dibuat di WordPress akan ditampilkan seperti ditunjukkan pada layar berikut. Pilih salah satu halaman untuk menambahkan link di dalamnya. Di sini, kita akan menambahkan link di halaman About Us.

3. Pilih salah satu kalimat atau kata yang ingin Anda tambahkan linknya. Di sini, kita akan menambahkan link ke kata Lorem.

4. Saat Anda mengklik simbol Insert / Edit link maka jendela pop berikut akan ditampilkan.

Berikut adalah field yang ada di link Insert / edit.

  • URL : Masukkan URL yang ingin Anda tautkan.
  • Link text : Sisipkan teks yang ingin Anda masukkan ke dalam tautan.
  • Open link in a new window/tab : Buka halaman link anda ke tab atau jendela baru. Centang kotak sesuai kebutuhan.
  • Or link to existing account : Tambahkan tautan ke laman konten yang ada dengan memilih halaman dari daftar yang diberikan. Klik pada Or link to existing account dan daftar halaman dan posting akan ditampilkan seperti yang ditunjukkan pada layar berikut.

Setelah memilih halaman atau posting tertentu dari daftar, link bisa dibuat di kolom URL seperti yang terlihat di layar sebelumnya. Klik Add Link.

5. Bila Anda mengarahkan kursor pada kata Lorem maka tooltip link akan ditampilkan seperti yang ditunjukkan pada layar berikut.

Klik tombol Update untuk memperbarui perubahan di halaman atau postingan Anda.

Edit Links

Dalam bab ini, kita akan mempelajari cara mengedit link di WordPress.

Berikut adalah langkah sederhana untuk Edit Links di WordPress

1. Klik Pages » All Pages seperti terlihat pada layar berikut.

2. Anda bisa melihat daftar halaman. Saat kursor melayang di laman About Us beberapa opsi ditampilkan di bawah About Us. Klik Edit seperti yang ditunjukkan.

3. Arahkan mouse ke kata Lorem (Link untuk kata Lorem dibuat di bab Add Links), dan klik pada simbol pensil untuk mengedit link seperti yang ditunjukkan pada layar berikut.

4. Anda dapat mengubah atau mengedit link Anda dengan memilih halaman dari daftar yang ada. Dalam kasus ini, kami telah memilih halaman About Us.

Setelah memilih halaman atau posting tertentu dari daftar, klik tombol Update.

5 Bila Anda mengarahkan kursor pada kata Lorem maka tooltip link bisa ditampilkan seperti terlihat pada layar berikut.

Klik tombol Update untuk memperbarui perubahan di halaman atau postingan Anda.

Delete Links

Dalam bab ini, kita akan belajar untuk menghapus link dari WordPress. Anda dapat menghapus tautan yang tidak diinginkan yang tidak Anda perlukan untuk situs web atau artikel Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk Delete Links di WordPress

1. Klik Pages » All Pages di WordPress.

2. Anda bisa melihat daftar halaman. Saat kursor melayang di laman About Us, beberapa opsi akan ditampilkan. Klik pada tombol Edit seperti yang ditunjukkan pada layar berikut.

3. Pilih kata yang telah Anda kaitkan dengan Lorem (Link untuk kata Lorem diciptakan di bab Add Links), dan klik pada Remove Link Symbol seperti terlihat pada layar berikut.

4. Bila Anda mengarahkan kursor pada kata Lorem, tidak akan ada tooltip dari URL yang ada. Tangkapan layar berikut menunjukkan bahwa tautan telah dihapus.