fbpx Skip to main content

Tutorial Cara Menambahkan Tracking ID atau Kode Google Analytics ke WordPress menggunakan Code Script

Mengetahui bagaimana prilaku pengunjung website adalah kunci utama kesuksesan dalam bisnis online. Cara terbaik untuk mengetahui pengunjung website Anda adalah melalui statistik pengunjung website dan Google Analytics memberikan layanan ini secara gratis. Software gratis dari Google ini memudahkan Anda untuk melacak pengunjung website, menganalisis kebiasaan mereka, sumber traffic, social metric, bahkan berbagai statistik. Dengan menganalisis statistik, Anda bisa merencanakan dan membuat konten yang lebih baik bagi para pengunjung situs.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menambahkan Google Analytics ke WordPress dan mengapa tiap blog WordPress harus memiliki software ini:

  1. Membantu mengetahui perilaku pengunjung dan pengguna situs Anda.
    Dengan Google Analytics, Anda bisa terus melacak pola perilaku pengunjung situs secara virtual. Anda pun dapat memeriksa halaman yang paling banyak dikunjungi, rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna di halaman tertentu, halaman dengan performa terbaik, halaman yang tidak menarik sehingga pengguna keluar dari website, dan masih banyak lagi. Melihat secara sekilas saja tidak cukup bagi Anda untuk mendapatkan informasi dalam mengoptimalkan website agar menjadi lebih baik. Bilamana blog tertentu menarik banyak pengunjung, tentunya Anda akan menulis lebih banyak post yang berkaitan dengan topik dan meningkatkan traffic.
  2. Membantu Anda menganalisis waktu kunjungan situs yang paling aktif.
    Anda akan dengan mudah mengetahui jam berapa saja situs Anda paling banyak dikunjungi. Jika kebanyakan pengguna aktif pada malam hari, maka untuk menarik mereka, sebaiknya post diunggah pada jam-jam tersebut.
  3. Membantu Anda memeriksa rincian atau detail yang penting.
    Google Analytics menyediakan detail yang sangat terperinci – mulai dari lokasi geografis pengguna, bahasa yang mereka terapkan, browser yang mereka gunakan, resolusi layar, hingga likes. Rincian-rincian ini membantu Anda memahami para pengunjung situs.

Ada beberapa cara untuk memasukkan Google Analytics code ke blog WordPress. Misalnya, code dapat diikutsertakan ke dalam file theme header.php Anda. Tutorial kali ini akan menunjukkan cara menambahkan Google Analytics ke blog WordPress menggunakan Code Script. Untuk cara mendaftar dan menambahkan Google Analytics menggunkan Plugin Google Analytics siliahkan klik link di bawah ini.

» Tutorial Cara Mendaftar dan Menambahkan Google Analytics ke Blog WordPress

Untuk memasang tracking id atau kode Google Analytics, maka Anda harus meletekkan kode tracking atau tracking id yang didapat sebelumnya di antara. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Catatan

Analytics code hanya akan dimasukkan ke tema yang aktif. Code harus ditambahkan jika Anda mengubah theme.

1. Akses WordPress administrator area dan buka ke Appearance » Editor.

2. Buka header.php untuk mulai menyunting.

3. Selanjutnya, copy dan paste code tersebut setelah barisatau sebelum baris. Kemudian klik tombol Update File.

Selesai. Dengan begitu, Google Analytics telah berhasil dipasang pada WordPress Anda. Laporan Google Analytics akan dimuat sehari sekali. Untuk itu, silakan cek di esok harinya untuk melihat laporan untuk hari ini.

Kami harap tutorial Cara Menambahkan Google Analytics di WordPress dapat membantu dalam mengintegrasikan Google Analytics pada wordpress dan sedikit membuka pengetahuan mengapa Anda membutuhkan data tersebut. Terima Kasih… ?