Google Site Kit – Membuat Optimasi SEO jadi Lebih Mudah

Hadie Danker
Google Site Kit – Membuat Optimasi SEO jadi Lebih Mudah Icon

Pada bulan oktober 2019 lalu Google resmi me-release versi public sebuah plugin yang sangat bermanfaat bagi Webmaster untuk mempermudah melakukan optimasi SEO.

Plugin tersebut adalah Site Kit by Google

Seperti kita tahu, Google mengembangkan beberapa tool yang sangat berguna untuk Webmaster, seperti Google Analytic, Google Search Console, Google Page Speed Insight, Google Ads, Google Tag Manager dan lain-lain.

Sayang nya platform tersebut terpisah dari situs kita, dan ketika kita ingin melihat laporan performance website, kita harus login satu persatu.

Pada event WordCamp tahun 2018 di US, google melakukan interview secara khusus tentang minat pengguna Plugin Site Kit ini. Dan hasilnya banyak dari audience tertarik untuk menjadi partisipan dalam memberikan masukan apa saja yang perlu di kembangkan untuk Site Kit by Google.

Secara umum, fungsi dari Site Kit by Google ini adalah untuk melihat laporan perfomance website kita tanpa harus masuk ke halaman Analytics stau persatu.

Seperti kita ketahui, Google memblokir aplikasi luar untuk mencatat keyword yang masuk ke website kita.

Baca disini

Dan kita hanya bisa melihat data keyword tersebut di search console dan google analytic.

Dengan adanya Site Kit by Google ini, kita dipermudah untuk melakukan hal tersebut.

Feature-Feature Utama Site Kit By Google

ini adalah dashboard utama Site Kit by Google. Di halaman ini, kita bisa melihat perkembangan website kita, seperti pada gambar yang Anda dilihat di atas.

Anda juga bisa menentukan apa goal success website Anda.
Pelajari caranya disini

Anda juga dapat melihat berapa pengujung untuk sebuah halaman tertentu

Feature lain dari Site Kit by Google ini adalah Search Console. Anda bisa melihat kata kunci (keyword) apa saja yang menjadi top referrer ke website Anda.

Bagi Anda pemain Adsense, Anda juga dapat dengan mudah melihat performance website Anda. Sayang nya kami tidak menggunakan Adsense lagi jadi tidak dapat memperlihatkan dashboardnya.

Anda juga dapat melihat performance speed website dari dashboard WP Anda secara langsung.

Dengan data-data yang di tampilkan oleh Site Kit by Google tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukan keputusan apa saja yang perlu di lakukan agar website Anda semakin baik, memiliki pengunjung yang banyak dari SEO, mengganti theme (jika di perlukan), memindah tata letak iklan dan lain-lain.

Satu contoh misalnya Anda memiliki 100 artikel, kemudian di dashboard Site kit Google terdapat satu artikel yang paling banyak dikunjungi.

Dari situ Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini

  • Menganalisa isi dan tema artikel
  • Menulis artikel pendukung
  • menggunakan kata kunci turunan nya dan digunakan untuk membuat artikel baru
  • Atau jika memang sangat potensial, Anda dapat membuat produk atau web khusus untuk satu kata kunci yang dilaporkan oleh Site Kit by Google tersebut.

Cara Install Site Kit by Google

Karena sekarang sudah resmi direlase di wordpress directory, Anda cukup melakukan pencarian dari dashboard wordpress Anda dengan kata kunci “Site Kit by Google”

Kemudian lakukan verifikasi website, dan mengikuti langkah-langkah yang telah di arahkan oleh plugin Site Kit by Google tersebut.

Mudah kok, saya yakin siapapun bisa.

Anda dapat melihat detail dari plugin Site Kit by Google disini

Penutup

Dalam mengembangkan sebuah situs, baik itu berupa blog, toko online, atau web apps, kita sangat membutuhkan alat bantu untuk membuat keputusan tertentu.

Site Kit by Google ini, menurut kami sangat membantu dalam hal pengembangan dan optimasi SEO di website kita.

Bahkan sekarang Plugin Site Kit by Google adalah plugin wajib yang belum ada saingan nya bagi kami.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya