Kegiatan yang Mungkin Anda Lakukan Jika 1 Iklan untuk Banyak CS dengan 1 Iklan untuk 1 CS

Hadie Danker

Bacaan ini mungkin lebih mengena ketika Anda memiliki Customer Service (CS) Toko Online lebih dari 1. Jika Anda memiliki beberapa CS, maka kami sudah bisa menebak rutinitas yang mungkin Anda lakukan untuk manajemen iklan. Terlebih lagi untuk menyiapkan landingpage dan iklan di Facebook Ads.

#1 Menyiapkan LandingPage / Post Iklan / Facebook Canvas

Jika Anda menjual 1 produk untuk beberapa CS, maka dalam menyiapkan beberapa landingpage (halaman website untuk penawaran produk) maka terkadang Anda juga menduplikasi 1 landingpage yang sudah jadi, bahkan barangkali Anda menggunakan web yang berbeda untuk beberapa CS Anda. Misal Anda sudah punya penawaran produk di halaman ini (hanya contoh):

http://WebAnda.com/cs1

setelah jadi, Anda menduplikasi ke CS lain misal:

http://WebAnda.com/cs1,

http://WebAnda.com/cs2,

http://WebAnda.com/cs3

dst.

Ok, kemudian Anda coba iklankan web di atas, setelah iklan berjalan dan analisa, anggap hasilnya kurang bagus, banyak pengunjung namun sedikit yang kontak (menjadi leads masuk ke CS), maka Anda akan memperbaiki 1 landingpage di atas (misal perbaikan copywriting, testimoni, diskon dll, agar lebih convert), kemudian menduplikasi lagi ke CS lain. Banyak yang melakukan praktik seperti ini, barangkali Anda juga demikian.

Begitu pula sifatnya sama jika Anda menggunakan Facebook Canvas (jenis landingpage yang diberikan oleh facebook), Anda juga menduplikasi untuk beberapa CS. Pun demikian jika ada perbaikan, maka duplikasi lagi ke CS lain. Dan juga demikian berlaku bagi Anda yang menggunakan posting fanpage untuk iklan beberapa CS, maka bisa jadi Anda posting beberapa postingan status di fanpage untuk beberapa CS.

#2 Manajemen Iklan Facebook

Jika Anda menjalankan iklan facebook/facebook ads untuk beberapa CS, ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Namun yang paling sering terjadi, banyak yang menjalankan iklan sesuai dengan jumlah CS nya, misal Anda punya 5 CS, Anda menyiapkan setidaknya 5 iklan untuk 5 CS Anda dengan 5 landingpage yang sudah Anda siapkan. Entah dibedakan Campaign (Kampanye)-nya, Ad set (set iklan)-nya, ataupun dibedakan Ads (iklannya).

#a) Ketika Anda menjalankan iklan dg membedakan berdasarkan ads/iklannya di 1 ad set, strukturnya menjadi 1 Campaign, 1 Ad set, 5 Ads (misal 5 CS), dengan praktik seperti ini maka Leads yang masuk ke CS akan tidak rata, karena alogaritma (pengaturan/cara kerja) dari facebook nya adalah dari 5 iklan itu akan ditampilkan dengan jumlah impressi yang besar untuk iklan-iklan yang perform bagus dibanding iklan-iklan yang lain yang masih dalam 1 ad set (jangkauan menjadi tidak rata).

#b) Ketika Anda menjalankan iklan CS dg membedakan berdasarkan ad set-nya, maka strukturnya bisa menjadi 1 campaign, 5 ad set, dan masing2 ad set bisa berisi 1 ads/iklan. Apabila targetingnya dari 5 ad set ini sama/hampir sama, bisa jadi iklan akan cenderung overlap.

Hal yang marak dilakukan dan membuat hal2 teknis dilakukan secara berulang adalah kegiatan pasca memasang iklan, misalkan ketika kita menjalankan iklan untuk beberapa CS dengan produk yang sama lalu dari hasil evaluasi ada yang kurang bagus? Misal dengan contoh di atas, kita akan menurunkan budget/atau bahkan mematikan iklan-iklan yang performanya buruk. Analisa iklan2 yang bagus dan menaikan budget, pun demikian ketika ingin testing materi iklan lain, Anda juga test untuk beberapa CS tadi.

Dan ketika telah menemukan winning campaign (iklan yang bagus/convert), Anda duplikasi lagi ke CS lainnya.

Hal yang Bisa Saja Terjadi Ketika Anda Menggunakan 1 LinkAutoChat untuk Semua CS…

Dengan menggunakan teknologi rotator (rotasi), Anda bisa membuat 1 Link AutoChat menuju ke Semua CS yang Anda punya. Anggap Anda mempunyai 1 Link Rotator AutoChat Menuju ke WA CS Anda sebagai berikut:

http://toko-q.com/WA

ketika calon pembeli klik link di atas, akan menuju ke WA CS Anda secara random, artinya 1 LinkAutoChat bisa Anda arahkan ke semua WA CS Anda. Misal pengunjung pertama klik, menuju CS 1, pengunjung kedua klik, menuju CS 3, dst, namun porsi leads per CS nya mendapatkan hasil yang rata, apalagi bisa Anda tentukan prosentasenya, dan praktisnya, tetap menggunakan 1 link autochat saja.

“Lebih Sederhana…”

Jika Anda melakukan hal di atas, maka Anda cukup membuat:

1 Landingpage saja, dan bisa diiklankan dengan 1 iklan saja…

Artinya iklan berjalan menuju landingpage yang Anda buat, ketika pengunjung klik link auto chat WA yang ada di atas, maka otomatis leads yang masuk ke WA CS akan tersebar ke CS-CS Anda.

Inilah manfaat teknologi rotator. Anda dapat menyingkat waktu untuk hal-hal teknis dan menjadi lebih praktis.

Anda dapat menggunakan http://Rotator.Ninja untuk memanfaatkan teknologi rotasi ini. Rotator.Ninja juga mempunyai manfaat sebagai berikut:

>> Anda Adalah RAJA nya

Rotator Ninja adalah plugin wordpress yang diinstall di website Anda, sehingga Anda tidak takut hosting/server down karena yang mengatur adalah Anda sendiri, tidak digunakan ramai-ramai dengan pengguna yang lain. Hal ini akan menjaga agar leads/chat yang Anda alirkan ke customer service Anda tetap lancar jika memaksimalkan hosting/server Anda dengan baik.

>> Cukup Bayar Sekali (Tanpa Biaya Tahunan)

Karena berupa plugin wordpress, maka Anda adalah rajanya, pun tidak seperti penyedia layanan yang lain yang men-charge biaya tahunan, Rotator.Ninja cukup sekali bayar dan Free update versi untuk pengembangan fitur.

>> Mengatur Pembagian Leads ke CS berdasarkan Proporsi-nya

Jika Anda mempunyai CS lebih dari satu, maka dengan Rotator Ninja, Anda dapat membagi porsi traffic leads/chat ke CS Anda sesuai perbandingan, apakah akan diupukul rata ataukah sesuai porsi yang ingin Anda prioritaskan salah satunya sesuai perbandingan/prosentase.

Dengan ini Anda juga tidak repot dalam manajemen iklan, tidak perlu menduplikasi CANVAS sejumlah CS, belum perlu menduplikasi Landing Page sejumlah CS, tidak perlu membuat banyak post di page untuk diiklankan sejumlah CS. Anda perlu membuat 1 iklan dan diarahkan ke link auto chat WA yang dihasilkan dari Rotator.Ninja, dan leads akan terbagi sesuai proporsi yang bisa Anda tentukan sendiri.

>> Mengatur Pembagian Leads ke CS berdasarkan Waktu

Mengatur SDM, erat kaitannya dengan waktu, termasuk CS. Memindahkan chat di waktu libur ke CS yang lain, membagi porsi CS shift siang atau malam. Mengalihkan Chat CS yang cuti yang CS yang lain. Hal tersebut sangat mengganggu dalam hal manajemen iklan, me-mati dan hidupkan iklan, menaik dan turunkan budget, dll.

Termasuk jika misalkan Anda single fighter atau baru memiliki 1 CS, ingin membagi leads siang untuk CS/Istri, dan leads malam untuk diri sendiri. Sangat beragam kasus dalam hal pembagian leads berdasarkan waktu ini di kehidupan sehari-hari.

>> Split Test Landing Page, Link Form Order dan Channel AutoChat Lain dalam Fitur Link Rotator

Jika Anda mempunya beberapa landingpage yang ingin di test, mana yang convert, atau Anda ingin membagi porsi form order ke beberapa CS juga bisa. Anda juga bisa memasukan link-link tersebut, dan Rotator Ninja akan menghasilkan 1 link saja, dan ketika link tersebut diklik akan dialihkan ke beberapa landingpage tadi sesuai proporsi yang Anda tentukan.

Begitupula jika Anda mempunyai kontak tidak cuma WA saja, namun juga BBM dll, misalkan. Nah, Anda dapat memasukan beberapa kontak chat CS tersebut menggunakan fitur link rotator.

>> Memasukan Pixel untuk merekam Perilaku Belanja

Hal yang penting bagi pebisnis online dalam beriklan di facebook adalah memaksimalkan data perilaku belanja audience. Rotator.Ninja juga memikirkan hal demikian, sehingga Anda dapat memasukan pixel di tools ini agar dapat bermanfaat untuk optimasi iklan Facebook Anda.

>> Data Statistik Link Rotator yang Sudah Berjalan

Anda dapat mengecek traffic leads/link yang diklik oleh audience, berdasarkan beberapa hal. Hal ini untuk mengetahui seberapa banyak pembagian leads yang terjadi di hari-hari sebelumnya untuk tiap-tiap CS

Layanan tanya jawab pra-rilis Rotator.Ninja, informasi update, dan pengingat ketika rilis, semuanya bisa Anda ikuti di Group Telegram Calon Pembeli Rotator.Ninja, silakan klik tombol di bawah ini dan join :