Mengelola WooCommerce – Cara Mengatur Pemesanan, Kupon dan Laporan di WooCommerce

hariadi
Mengelola WooCommerce – Cara Mengatur Pemesanan, Kupon dan Laporan di WooCommerce Icon

Pada postingan ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengelola WooCommerce mulai dari pengaturan pemesanan (Order), pengaturan kupon dan pengaturan laporan. Langsung saja,untuk mengatur pemesanan, kupon dan laporan pada plugin woocomerce lihat artikel dibawah ini :

Mengelola WooCommerce

Mengatur Pemesanan (Orders)

Pemesanan baru akan muncul setiap kali pelanggan Anda selesai melakukan proses checkout. Anda bisa melihat pesanan tersebut dengan mengklik Orders di sisi kiri menu.

Tiap pemesanan memiliki ID yang unik serta diisi dengan berbagai rincian – customer email, contact number, address, payment method, dan lain-lain. Anda dapat dengan mudah memperbarui status pemesanan hanya dari satu halaman saja. Anda pun bisa melakukan task lain, seperti memodifikasi barang yang dipesan, memberi harga (pricing), menetapkan pajak (taxes), dan likes.

Mengatur Kupon

Kupon belanja adalah potongan harga yang diberikan oleh pemilik toko online kepada calon pembelinya atas setiap pembelian produk. Potongan harga tersebut disediakan dalam bentuk Kupon (Coupon). Kalau di toko offline kupon biasanya berbentuk selembar kertas berisi catatan potongan harga sedangkan pada toko online biasanya berupa kode yang bisa diinputkan pada saat proses belanja.

Untuk mengatur kupon pada plugin woocomerce, Pertama di dashboard wordpress klik woocommerce » kemudian klik setting » klik tab checkout » Checkout options » Kemudian di bawah Checkout proccess di klik kotak kecil warna putih yang tersedia otomatis akan tercentang. Kemudian klik tombol “Save changes” untuk menyimpan setting pengaktifan kupon belanja.

Nantinya karena di pengaturan sebelumnya sudah di checklist/centang akan muncul submenu coupons. Lalu klik menu Coupons.

Kalau sudah maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

Kemudian isi nama kupon ,kalo contoh di sini saya kasih nama cuci gudang,terus di bawahnya isi keterangan kuponnya dalam rangka apa,terserah anda.

Di bawah coupun data ada sub menu pengaturan general yang di dalamnya ada diskon tipe ,jumlah yang mau di diskon kan,pengiriman gratis,dan masa berlakunya kupon tersebut.

Mengatur Laporan

Performa bisnis online Anda akan terlihat di halaman Reports. Anda dapat memantau jumlah pembelian barang, penjualan kotor, rata-rata penjualan harian, dan status lainnya.

Bahkan Anda bisa menampilkan statistik untuk produk terpisah, kategori produk, atau kupon. Pilih waktu yang tepat bagi Anda untuk membuat laporan atau report – bulan lalu, bulan ini, tujuh hari terakhir, atau kapan saja, dan klik Go untuk menayangkan laporan.