Mengenal Menu Appearance pada WordPress – Cara Mengelola Tema, Menyesuaikan Tema, Mengelola Widget dan Latar Belakang di WordPress

hariadi

Jika Anda ingin mengubah tampilan website, Anda perlu menuju menu Appearance yang terletak di sebelah kiri dashboard WordPress. Terdapat beberapa elemen di dalam menu Appearance yang akan kami jelaskan dalam artikel ini.

1. Theme Management
2. Customize Theme
3. Widget Management
4. Background

Theme Management

Dalam bab ini, kita akan belajar tentang pengelolaan Theme. Ini termasuk file gambar, template, stylesheet CSS, dll. Yang dapat membantu membuat situs web Anda terlihat hebat. Bab ini membahas bagaimana menginstal, menambahkan tema baru, atau menyesuaikan tema di WordPress.

Berikut adalah langkah-langkah untuk Manajemen Tema.

1. Pilih Appearance » Themes dari dasbor.

2. Layar berikut akan ditampilkan. Arahkan kursor ke tema apapun dan klik pada Theme Details.

3. Saat Anda mengklik Theme Detail, halaman berikut akan muncul. Terdiri dari detail yang berkaitan dengan tema. Rincian seperti versi, deskripsi, tag dll.

Jika Anda ingin menambahkan tema ini ke halaman / situs Anda lalu klik Activate, dan jika Anda ingin hanya mengecek tema, lalu klik Live preview.

Jika Anda klik aktifkan maka Anda mendapatkan pesan pop-up sebagai berikut :

4. klik Customize

5. Di sisi kiri halaman, Anda dapat menyesuaikan tema Anda. Setiap perubahan yang Anda buat atau sesuatu yang baru Anda tambahkan akan ditampilkan di sisi kanan halaman.

Kita akan belajar menyesuaikan tampilan tema di bab berikutnya yaitu; WordPress Customize Theme

Customize Theme

Dalam bab ini, kita akan belajar bagaimana menyesuaikan tema. Menyesuaikan tema membantu Anda memberi tampilan baru ke situs web Anda. Di sini Anda bisa mengubah gambar latar belakang / warna, menambahkan judul, dan melakukan lebih banyak lagi.

Berikut adalah langkah-langkah dari Customize theme.

1. Klik pada Appearance » Customize.

2. Layar berikut akan ditampilkan.

Seperti yang bisa dilihat, di sisi kiri kita memiliki bagian yang menyesuaikan, dan di sisi kanan kita memiliki tema yang telah Anda pilih. Jadi setiap perubahan yang Anda buat di sisi kiri akan ditampilkan di sisi kanan halaman. Berikut adalah beberapa pilihan yang harus Anda ketahui :

  • Active theme : Di bagian ini, Anda dapat mengubah tema saat ini hanya dengan mengklik ‘Change’.

Saat Anda mengeklik ‘Change‘ Anda mendapatkan daftar tema, klik salah satu tema, lalu klik ‘Save & Continue‘. Tema Anda akan disimpan.

  • Site Title & Tagline : Pada bagian ini, Anda dapat menambahkan judul dan tagline situs yang ingin Anda tambahkan ke situs web Anda.

Tambahkan nama judul Anda di bagian ‘Site Title‘. Dan tagline Anda di kotak ‘Tagline‘.

  • Colors : Anda dapat mengubah warna teks header menggunakan bagian ini. Saat Anda menelusuri warna, Anda menemukan perubahan terjadi di sisi kanan halaman Anda. Anda bahkan bisa menambahkan warna sendiri ke dalam kotak yang terletak di antara ‘Current color‘ dan ‘Default‘.

  • Header Image : Menambahkan gambar header baik dengan memilih dari saran atau Anda dapat menambahkan gambar Anda sendiri dengan mengklik ‘Add new image‘.

  • Widgets : Tambahkan widget ke situs Anda dari sini.

Bila Anda mengklik tanda panah gambar berikut akan muncul.

Di sini, ada dua pilihan :

Pertama adalah ‘Main Widget Area‘, saat Anda mengklik ini Anda mendapatkan daftar widget lain yang akan ditampilkan di area footer.

Saat Anda mengeklik salah satu widget, sebuah dropdown akan muncul di tempat Anda dapat mengedit lebih banyak atau menambahkan lebih banyak. Misalnya – Jika Anda ingin menambahkan kategori maka gambar berikut akan muncul.

Dalam gambar ini, seperti yang Anda lihat, Anda dapat menambahkan kategori Anda di bagian ‘Title‘. Periksa salah satu kotak yang diperlukan. Jika Anda tidak ingin menambahkannya, maka ucapkan ‘Remove‘. Sama berlaku untuk widget lain juga.

  • Secondary Widget : Di sini Anda harus mengklik ‘Add a widget‘ dan Anda mendapatkan side bar dengan daftar widget yang berbeda. Klik salah satu dan tambahkan ke daftar widget Anda.

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak widget lalu klik ‘Add a widget‘ lagi dan Anda bisa menambahkan widget sebanyak yang Anda inginkan.

  • Static Front : Pilih salah satu posting terbaru atau halaman depan statis untuk situs Anda.
step13 wordpress customize theme

Widget Management

Dalam bab ini, kita akan belajar tentang Manajemen Widget. Widget adalah blok kecil yang melakukan fungsi tertentu. Ini memberikan kontrol desain dan struktur pada tema WordPress. Beberapa fitur widget tertentu :

  • Mereka membantu Anda menambahkan konten dan fitur.
  • Mereka bisa dengan mudah diseret dan dijatuhkan di area widget.
  • Mereka bervariasi dari tema ke tema. Mereka tidak sama untuk setiap tema.

1. Klik pada Appearance » Widgets.

2. Layar berikut menampilkan widget yang tersedia muncul.

Fungsi berikut muncul di halaman :

  • Available Widgets : Anda bisa menggunakannya untuk ditambahkan ke sidebar utama Anda.
  • Inactive Sidebar (not used) : Ini tidak digunakan dan dapat dihapus secara permanen dari daftar widget.
  • Inactive Widgets : Menghapus widget dari sidebar namun menyimpannya di pengaturan.
  • Sidebar Main : Setiap widget yang Anda tambahkan di sini akan muncul di situs Anda.
  • Manage in Customizer : Membawa Anda kembali ke halaman kustomisasi.

3. Tarik dan lepaskan di Sidebar Main. Setiap widget yang Anda tambahkan di sini, muncul di situs Anda.

step4 wordpress widget management

Background

Dalam bab ini, kita akan mempelajari tentang gambar latar belakang, warna background dan background opacity.

1. Klik pada Appearance » Background.

2. Halaman berikut muncul di mana bagian Background Image muncul.

3. Tidak ada gambar yang dipilih untuk latar belakang. Jika Anda ingin melakukannya, klik pada Select Image. Anda mendapatkan halaman berikut.

Disini anda bisa mengupload gambar menggunakan dua pilihan.

  • Upload Files
  • Media Library

4. Upload File – Bila Anda mengklik file Upload, layar berikut akan ditampilkan. Pilih file dari desktop Anda lalu klik Choose Image jika puas dengan gambarnya.

5. Media Library – Bila Anda mengklik Media Library, halaman berikut akan muncul. Pilih file dari perpustakaan media WordPress, yang berarti, jika Anda sudah memiliki gambar yang telah diupdate maka Anda dapat memilih salah satu dari mereka secara langsung.

Setelah memilih gambar, di sisi kanan Anda akan mendapatkan beberapa pilihan :

  • Edit Image : Bila Anda mengklik ini, Anda akan dibawa ke halaman lain di mana Anda dapat mengedit gambar skala, dimensi, gambar tanaman, dan pengaturan thumbnail, dll. Seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut, buat perubahan yang diperlukan, klik Save dan kemudian klik pada Update.

  • Delete Permanently : Jika Anda ingin gambar Anda di luar perpustakaan lalu klik pada tombol ini.
  • URL – Masukkan URL gambar Anda ke dalam kotak ini.
  • Title : Jika Anda ingin membuat perubahan dalam judul gambar Anda dapat melakukannya di sini.
  • Caption : Anda dapat menjelaskan secara singkat tentang gambar Anda di bagian ini.
  • Alt text : Berikan teks alternatif pada gambar Anda sehingga mudah tersedia bagi pengguna selama pencarian.
  • Description : Sedikit deskripsi tentang gambar Anda.

6. Klik Colors » Background Color pada halaman yang sama. Ubah warna latar Anda sesuai dengan itu. Background Opacity tidak digunakan untuk semua tema. Penyesuaian tema tidak sama untuk setiap tema yang kita gunakan. Ini berubah dari tema ke tema.