Mengenal WordPress CMS

hariadi

CMS ( Content Management System ) merupakan perangkat lunak yang memfasilitasi pembuatan, pengeditan, pengorganisasian, dan penerbitan konten. Sedangkan WordPress adalah Sistem Manajemen Konten, yang memungkinkan Anda membuat dan mempublikasikan konten Anda di web. WordPress memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol penuh atas file, dokumen, serta desain dan tampilan konten untuk membuat dan mengelola konten mereka tanpa pengetahuan teknis.

Berikut ini beberapa manfaat utama menggunakan WordPress :

1. Fleksibel

WordPress digunakan untuk menjalankan situs kompleks untuk perusahaan multinasional besar, mengelola bisnis kecil, dan membuat blog pribadi. WordPress dapat berisi toko eCommerce layanan lengkap, menampilkan portofolio, atau meng-host jaringan sosial, grup, atau podcast. WordPress juga dapat beradaptasi tanpa henti dengan perubahan kebutuhan perusahaan.

2. Mudah Digunakan (bahkan untuk pemula)

Situs WordPress dapat diinstal dan dijalankan dalam beberapa menit, bahkan tanpa keahlian teknis apa pun. Semua yang dibutuhkan pengguna adalah nama domain dan akun hosting web. WordPress dapat diinstal secara gratis melalui penyedia hosting WordPress Anda atau diunggah langsung dari WordPress.org.

3. Banyak Pilihan Tema

Tema WordPress menawarkan kepada pengguna serangkaian pilihan untuk menyelaraskan tampilan dan fungsi situs baru. Banyak di antaranya tersedia secara instan untuk pemilik situs baru melalui direktori tema WordPress, dan ribuan lainnya dapat dibeli. Tema dapat dipratinjau langsung dan diinstal kapan saja untuk mengubah tampilan dan tata letak situs WordPress.

4. Memiliki Banyak Plugin

Plugin WordPress mencakup ratusan plugin yang memungkinkan pengguna menambahkan fitur seperti shopping carts, galleries, contact forms, dan lainnya. Pengguna juga dapat membeli dan menginstal ratusan plugin khusus dari pengembang pihak ketiga. Plugin dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dan dihapus sesuai kebutuhan ketika situs berevolusi.

5. Peringkat Situs WordPress Tinggi

Kemampuan pencarian adalah kunci untuk peringkat tinggi di Google dan mesin pencari lainnya. Situs WordPress cenderung peringkat tinggi untuk kata kunci mereka, terutama karena mereka terus diperbarui dan karena WordPress mencakup berbagai alat dan plugin untuk mengoptimalkan konten untuk SEO (optimasi mesin pencari).

6. WordPress Responsif Mobile

Responsif seluler juga merupakan faktor dalam peringkat Google, sehingga situs web harus terlihat bagus di perangkat apa pun. WordPress menawarkan berbagai desain tema responsif, dan pengguna juga dapat membuat situs statis responsif dengan plugin dan penyesuaian file tema.

7. WordPress Memiliki Blog Bawaan

Karena WordPress adalah perangkat lunak sistem manajemen konten, WordPress memiliki beberapa fitur yang memudahkan penerbitan konten. Salah satunya adalah fitur blog “built-in” yang dapat diakses dari perangkat apa pun, kapan saja, sehingga pengguna yang ingin menambahkan blog ke situs web mereka tidak harus membuatnya secara terpisah. Itu memungkinkan bahkan untuk situs yang tidak terkait dengan blogging untuk menggunakan fitur blog untuk menambahkan pembaruan atau pengumuman.

8. Komunitas WordPress Menawarkan Dukungan

Karena WordPress bersifat bebas dan open source, WordPress didukung oleh komunitas pencinta WordPress di seluruh dunia. Komunitas pecinta WordPress ini bertanggung jawab untuk membuat perubahan pada file sumber dan menjaga agar WordPress diperbarui dan aman. Komunitas WordPress juga melakukan banyak penjangkauan kepada pengguna, hosting kamp WordPress di seluruh dunia dan mendukung pertumbuhan kelompok pengguna WordPress lokal. Jika Anda membangun situs WordPress, Anda harus mempertimbangkan penyedia hosting yang menawarkan hosting WordPress. Ini akan membantu menghemat waktu dan memungkinkan Anda untuk mengakses dasbor WordPress Anda melalui akun Anda.

Kesimpulan :

WordPress jelas merupakan tempat yang baik untuk memulai bagi pemula dan bisnis. Anda dapat dengan mudah mengubah atau memodifikasi situs web Anda tanpa harus beralih ke sistem lain. Yang terbaik dari semuanya, Anda tidak dikunci ke pemasok tertentu dan akan selalu ada banyak dukungan yang tersedia (baik gratis maupun berbayar).