fbpx Skip to main content

Cara Mengenal Perbedaan Antara Category dan Tag di WordPress

Bagi para blogger baru yang pertama kali mencoba menggunakan WordPress, biasanya sering menghadapi kebingungan saat berhadapan dengan tag dan category / kategori. Hal ini pastinya sangat membingungkan ketika saat akan membuat sebuah postingan baru dan ketika pada proses publikasi ada pilihan Tag/Category.

Pada awalnya WordPress dulu hanya ada fitur kategori (categories) yaitu untuk mengelompokan artikel (posts), tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi WordPress kini menambahkan fitur baru yaitu Fitur Tag.

Tag dan Category pada isi sebuah WordPress dapat diartikan sebagai berikut ini :
Category bisa Anda ibaratkan sebuah Kendaran (Bus), sedangkan Tag diibaratkan sebagai Penumpangnya.
Sebuah kendaranaan pada Bus bisa menampung banyak penumpang dengan kapasitas jumlah jok/tempat duduk yang sudah tersedia. Dan setiap orang hanya diperbolehkan menduduki 1 tempat duduk saja (dalam hal ini mungkin masih pada sebuah ruangan yang sama).

Demikian halnya pada sebuah posting di WordPress. Sebuah posting bisa saja mempunyai 2 tag atau lebih, namun sebuah posting hanya bisa mempunyai sebuah atau 1 unit Category (Topik yang berhubungan dengan artikel lain).

Cara Mengenal Perbedaan Antara Category dan Tag di WordPress

Category dan Tag keduanya adalah alat yang bisa dibilang sangat berguna bagi sebuah website atau blog Anda, Karena bisa untuk mengatur atau mengelola sebuah konten. Selain itu keduanya juga bisa bagus untuk SEO website, karena terkadang tag dan category juga sering muncul di hasil pencarian Google.

Jika kita lihat secara sepintas tentang kegunaan fitur tag memang bisa dibilang hampir mirip dengan fitur kategori, tapi jika Anda lihat lebih mendalam, terdapat sebuah perbedaan. Pada fitur Kategori didalam WordPress digunakan untuk mengelompokan topik (post/artikel) secara luas, sedangkan fitur Tag berfungsi untuk mengelompokan artikel atau postingan kedalam hal yang lebih spesifik. Jika Anda menggunakan fitur kategori (categories) untuk mengelompokan sebuah artikel atau postingan secara spesifik maka Anda akan membuat daftar kategori yang sangat panjang didalam blog atau website Anda, dan jika Anda membuat sebuah widget kategori maka akan mempunyai daftar yang sangat panjang di widget kategori tersebut. Jadi agar bisa mengelompokan artikel atau postingan secara spesifik kita bisa menggunakan tag.

Memang saat pertama kali untuk bisa memahami perbedaan antara kegunaan kategori dan tag mungkin sedikit membingungkan Anda, terutama ketika Anda baru saja mempelajari WordPress. Agar Anda dapat lebih mudah memahami mengenai perbedaan antara penggunaan Category dan tag pada WordPress silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

Perbedaan Antara Category dan Tag di WordPress
Perbedaan Antara Category dan Tag di WordPress

Bisa dilihat pada gambar di atas menampilkan sebuah kategori dimana pada kategori tersebut menunjukan untuk tujuan yang lebih luas dan sedangkan tag menunjukan tujuan yang lebih spesifik.

WordPress memberikan kebebasan bagi Anda untuk memberikan lebih dari 2 kategori pada postingan yang sama, namun agar pengelompokkan sebuah postingan menjadi lebih rapi dan bisa memudahkan pengunjung di dalam blog Anda, sebaiknya satu postingan hanya mempunyai satu kategori. Jika postingan mempunyai banyak keterkaitan dengan tulisan yang lainnya, Anda bisa menggunakan tag.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang category dan tags.

Category

  • Category adalah daftar isi utama dari website Anda.
  • Jangan gunakan Uncategorized.
  • Category digunakan untuk menentukan subjek blog Anda.
  • Category termasuk faktor penting bagi kenyamanan pengunjung.
  • Category harus cukup spesifik sehingga pengunjung bisa memahami informasi apa yang mereka temukan di dalamnya.
  • Category akan membantu pengunjung untuk mengetahui mereka telah mengunjungi tempat yang tepat atau tidak.
  • Jumlah category yang ideal adalah 5 – 7 buah dalam satu website.
  • Tentukan category diawal pembuatan website Anda.
  • Category bisa menjadi menu utama website / blog.

Tags

  • Tag adalah sub bagian terkecil dari daftar isi.
  • Tag adalah mikro-data atau mikro-kategori dari data website.
  • Jangan gunakan tag ini pada menu utama
  • Dalam satu artikel biasanya terdiri dari beberapa tag, sebaiknya satu artikel tidak lebih dari 5 tags.
  • Biasanya mesin pencari tidak terlalu menghargai rel=”tag” pada link untuk mendefinisikan tag.
  • Anda bisa gunakan tag sebagai sub menu di sidebar misalnya.
  • Anda bisa membuat sebanyak mungkin tag pada website Anda.

Dibawah ini ada beberapa contoh beberapa pertanyaan umum yang sangat sering ditanyakan mengenai perbedaan Category dan tag pada WordPress.

Apakah harus menggunakan tag dan kategori dalam postingan?

Penggunaan kategori harus selalu Anda gunakan meskipun hanya satu kategori. Sedangkan penggunaan tag merupakan optional jadi Anda bisa memilih menggunakan tag atau tidak tetapi disarankan untuk selalu menggunakan tag. karena setiap hal yang ada di dunia ini selalu ada bagian spesifiknya lagi.

Apakah ada batasan jumlah penggunaan tag ?

Tidak ada batasan, Anda bisa menggunakan tag sebanyak banyaknya.

Apakah ada keuntungan jika menggunakan tag atau kategori, atau bahkan keduanya?

Keuntungan dengan menggunakan sebuah kategori dan tag adalah agar bisa mempermudah user ketika ingin mencari suatu artikel atau post didalam website Anda.

Penggunaan tag sebaiknya tidak lebih dari 5 tag dalam satu artikel dan untuk kategori sebaiknya tidak menggunaakn lebih dari 3 kategori dalam satu artikel atau postingan

Bagaimana URL arsip yang berbeda untuk tag dan kategori?

Jika Anda mempublikasikan postingan pada kategori “makanan” URL akan terlihat seperti ini:
http://example.com/category/makanan/

Posting yang sama menggunakan tag “makanan” akan terlihat seperti ini:
http://example.com/tag/makanan/

Jika Anda mempublikasikan posting pada kategori “makanan” dan dengan tag “nasi“, URL akan terlihat seperti ini:
http://example.com/category/makanan/
http://example.com/tag/nasi/

Demikianlah penjelasan lengkap tentang cara mengenal perbedaan antara Category dan Tag di WordPress, keduanya mirip tapi tidaklah sama. Semoga penjelasan diatas dapat membantu Anda mengetahui tentang Category dan tag. Semoga bermanfaat.