Cara Mengenal Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Cara Mengenal Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org Icon

Jika Anda seorang blogger pastinya sudah tidak asing lagi saat mendengar tentang WordPress, karena WordPress sendiri merupakan platform terkenal dan populer. Tapi lain cerita jika Anda kalangan blogger pemula, dikarenakan bisa cukup membingungkan menggunakan WordPress, pasti sebagian dari mereka juga belum mengenal dan mengetahui bahwa WordPress mempunyai dua versi yaitu WordPress.com dengan WordPress.org.

Pada artikel sebelumnya kita sudah mempelajari tentang cara download aplikasi WordPress, dan pada tutorial belajar WordPress untuk pemula kali ini theme.id akan membahas tentang cara mengenal perbedaan WordPress.com dan WordPress.org. Walaupun WordPress merupakan salah satu aplikasi Content Management System (CMS) website yang sangat populer dan terkenal di kalangan pengguna internet, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan diantara keduanya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari mengenai kedua hal tersebut.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org
Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Cara Mengenal Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Apa itu WordPress.com?

WordPress.com adalah sebuah layanan blogging instant gratis dengan menggunakan platform CMS WordPress yang sudah banyak digunakan oleh jutaan orang di dunia. Karena sifatnya yang gratis wordpress.com mempunyai keterbatasan dari segi penggunaan dan fitur yang dimilikinya. Cukup dengan melakukan registrasi Anda sudah bisa langsung membuat sebuah website dan tidak memerlukan pengetahuan pemrograman apapun untuk bisa menggunakannya.

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org merupakan sebuah software (aplikasi) open source yang bisa di download secara gratis, yang digunakan untuk membuat sebuah website dan sudah banyak digunakan oleh jutaan orang di dunia. Dan untuk bisa menginstallnya Anda memerlukan sebuah webhosting dan sebuah domain sendiri agar bisa menggunakannya.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

1. Biaya

Jika Anda saat ini memang baru belajar (pemula) tentang WordPress, maka jawaban terbaik adalah sebaiknya kalian bisa mencoba menggunakan wordpress.com. Karena disini WordPress sudah memberikan paket gratis yang bisa Anda gunakan dan kapasitas yang diberikannya juga lumayan besar, yaitu 3Gb, dan Anda juga bisa mendapatkan domain dengan sub domain .wordpress.com, jika Anda menemukan sebuah blog yang menggunakan sub domain .wordpress.com, berarti pengguna WordPress tersebut menggunakan layanan wordpress.com. Jika Anda suatu saat ingin mengganti sebuah domain di wordpress.com maka yang harus Anda lakukan meng upgrade paket yang sudah Anda pilih menjadi personal dengan biaya $ 2.99 perbulan.

Tapi  jika Anda menggunakan wordpress.org maka langkah pertama yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah sebuah web hosting beserta domainnya dan pastinya proses instalasi juga berbeda dengan wordpress.com, salah satu keunggulan jika Anda menggunakan wordpress.org kalian bisa bebas untuk menentukan sendiri nama domain dan spesifikasi hosting yang ingin digunakan. Harga sebuah web hosting bervariasi dan bisa dibilang lumayan murah dimulai dari 15,000 per bulan bahkan sampai ratusan ribu perbulan tergantung dengan spesifikasi yang Anda pilih.

2. Fitur

Pada bagian fitur ketika Anda menggunakan wordpress.com, Anda tidak mempunyai kebebasan dalam mengelola website Anda. Pada wordpress.com Anda tidak akan bisa menambahkan custom plugin dan custom theme bahkan akses FTP juga tidak bisa Anda lakukan.

Berbeda dengan wordpress.org yang memberikan kebebasan Anda dalam mengelola website, baik dari segi desain, tema, plugins, konten bahkan performa website. Tetapi kekurangan dari kebebasan tersebut, anda harus mengelola semuanya itu sendiri.

3. Keamanan dan Maintenance

Untuk tingkat keamanan dan perawatan sebuah website termasuk sebuah masalah penting, tapi hal ini biasanya malah sering dilupakan oleh pemilik website.

Jika Anda pengguna wordpress.com maka Anda tidak perlu risau untuk memikirkan tingkat keamanan website atau blog Anda karena pihak WordPress akan menjamin perawatan backup dan kemanan website Anda. Bahkan website Anda terjamin selalu up-to-date dan selalu terawat dengan baik.

Tapi jika Anda pengguna wordpress.org maka Anda mempunyai tanggung jawab penuh terhadap semua aspek yang berhubungan dengan website yang sudah Anda buat, termasuk masalah maintenance dan tingkat keamanan website Anda. Terdapat banyak pilihan plugin tambahan yang dapat Anda tambahkan kedalam website Anda, mulai dari perlindungan dari spam, malware, bahkan plugin untuk membuat backup data dari website Anda.

Memindahkan wordpress.com ke wordpress.org

Untuk Anda yang sudah terlanjur menggunakan wordpress.com dan berencana ingin pindah ke wordpress.org apakah hal tersebut bisa dilakukan ? Jawabannya tentu bisa. Ada 2 pilihan cara untuk memindahkan wordpress.com ke wordpress.org

Cara pertama Anda bisa menggunakan jasa dari pihak engineer wordpress.com agar website Anda di pindahkan, tapi disini Anda harus membayar mahal untuk menggunakan jasa Guided Transfer yaitu sebesar $129 per website.

Pilihan kedua yaitu Anda memindahkan sendiri. Namun diperlukan sedikit keterampilan teknis dalam proses pemindahannya. Tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah. Mungkin di lain kesempatan theme.id akan memberikan tutorial lengkap proses pemindahan dari wordpress.com ke wordpress.org tanpa Anda harus membayar jasa Guided Transfer WordPress sebesar $129 per website.

Kedua penjelasan versi dari WordPress diatas ditunjukan untuk dua kubu yang berbeda. Jika Anda masih pemula dan tidak ingin repot tentang perawatan website Anda maka wordpress.com adalah pilihan yang tepat karena menyediakan layanan yang baik untuk Anda karena hanya tinggal memikirkan tentang mengisi konten website Anda saja.

Tetapi jika Anda adalah seorang blogger yang serius dan ada mempunyai basic tentang web programming dan ingin membuat sebuah tampilan website yang professional maka Anda sebaiknya menggunakan wordpress.org

Hanya itulah yang bisa di sampaikan tentang cara mengenal perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, semoga bermanfaat untuk semuanya.