Redirect HTTP ke HTTPS

hariadi

Jika Anda memiliki sertifikat (SSL) di situs web Anda, Anda dapat secara otomatis mengarahkan pengunjung ke versi situs (HTTPS) yang diamankan untuk koneksi yang aman menggunakan cPanel.

Penting untuk menambahkan “https” ke URL setiap kali seseorang harus terhubung dengan aman. Cara terbaik untuk mencapai keamanan maksimum bagi pengunjung situs web adalah mengaktifkan pengalihan otomatis dari HTTP ke HTTPS.

Note :
Sebelum memulai pastikan website anda bisa diakses setelah dipasang SSL. Cek terlebih dahulu apakah website bisa diakses dengan https. Caranya tulis https:// di web browser Anda beserta nama domain. Contoh https://cekwebsite.com. Jika berhasil, maka silakan ikuti panduan bawah ini. Jika gagal, itu artinya ada yang salah dalam instalasi SSL.

Berikut ini langkah- langkah mengarahkan HTTP ke HTTPS :

1. Login ke cpanel melalui https://namadomain/cpanel.

2. Pilih File Manager.

3. Pada kolom pencarian tulis htaccess lalu klik Go.

4. Maka akan muncul letak file htaccess.

5. Klik dua kali pada /public_html/.htaccess.

6. Lalu cari file .htaccess
Note :
Apabila tidak ada, kemungkinan file tersembunyi, Pilih “Settings” kemudian beri tanda centang pada Show Hidden Files. Lalu Save.


7. Klik pada file .htaccess kemudian pilih Edit.

8. Masukkan code berikut :
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]


9. Setelah itu klik Save Changes.

Kesimpulan :

Jika Anda sudah melakukan instalasi SSL berbayar atupun gratis, maka Anda perlu melakukan pengaturan pada .htaccess agar HTTPS menjadi default. Dan setiap pengunjung yang mengakses website akan diarahkan ke HTTPS. Http ataupun https sangat berpengaruh pada website Anda. Keamanan website lebih terjaga dengan https.