Tutorial Cara Install WordPress di Localhost Linux Mint 18.3

hariadi
Tutorial Cara Install WordPress di Localhost Linux Mint 18.3 Icon

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya . WordPress digunakan oleh lebih dari 23,3% dari 10 juta website per Januari 2015. WordPress adalah sistem blogging yang paling populer digunakan di Web, lebih dari 60 juta website.

Langkah-Langkah Install WordPress di Localhost Linux Mint :

1. Download filenya terlebi dahulu di website resminya WordPress.org, Kemudian buka terminal linux masuk sebagai superuser selanjutnya masuk ke direktori download, kemudian copy file ke direktori localhost dengan perintah berikut.

cp wordpress-4.9.1.zip /var/www/html

2. Kemudian masuk ke direktori localhostnya, selanjutnya exstract filenya dengan perintah :

unzip wordpress-4.9.1.zip

3. Langkah selanjutnya beri hak akses pada file tersebut, agar file tersebut dapat diakses secara maksimal. Cara memberikan hak akses ke dalam sebuah file sebagai berikut.

chmod -R 777 wordpress
chown -R www-data:www-data wordpress

4. Selanjutnya buat database untuk wordpress di dalam PHPMyAdmin. Caranya buka browser dan masukkan url localhost/phpmyadmin. Kemudian pilih new pada database, beri nama databasenya kemudian create.

5. Jika sudah dibuat databasenya. Selanjutnya adalah inti dari pembahasan ini yaitu install WordPress di Linux Mint. Caranya buka Browser kemudian masukkan url “localhost/nama database wordpress”.

Di bawah ini merupakan tampilan wordpress, lakukan penginstalan wordpress. Pilih bahasa anda.

6. Kemudian klik “Run the install” untuk melakukan proses instalasi wordpress.

7. Kemudian isikan data-data yang diperlukan oleh wordpress. Kemudian klik Submit.

8. Setelah itu maka akan muncul tampilan login wordpress silahkan masukkan username dan passwordnya, kemudian klik login.

9. Lalu akan masuk ke tampilan menu wordpressnya seperti di bawah ini :

Demikian tadi tutorial tentang bagaimana cara menginstall wordpress di Linux Mint, kurang lebihnya mohon maaf.