Tutorial Cara Mengatur Tampilan Themes WordPress

akagens

Jika Anda ingin mengatur dan menyesuaikan tampilan tema wordpress sebenarnya itu tergantung pada tema yang Anda gunakan untuk situs WordPress Anda, karena pada setiap tema wordpress sudah memiliki cara tersendiri tergantung di developer tema tersebut. Pada tutorial WordPress kali ini theme.id akan mempraktekkan tutorial cara mengatur tampilan Themes WordPress dengan melakukan beberapa perubahan ke situs Anda melalui halaman Customization. Pada penjelasan tutorial ini kami akan menggunakan Theme default milik wordPress yang bernama Twenty Seventeen.

Anda nantinya dapat dengan mudah mengatur tampilan tema. Ada banyak pilihan tema WordPress yang tersedia dan tentunya gratis yang sudah disediakan di website resminya https://wordpress.org/themes/. Jika Anda kurang suka dengan tema WordPress yang gratisan, Anda bisa membeli tema WordPress yang berbayar, banyak website – website yang menjual tema WordPress premium.

Tutorial Cara Mengatur Tampilan Themes WordPress

Cara Menyesuakan Tema WordPress

Jika Anda ingin mulai mengatur dan menyesuaikan tema WordPress Anda, silahkan akses menu Appearance » Customize

Customize WordPress Settings
Customize WordPress Settings

Pada halaman ini nantinya akan Anda gunakan untuk memodifikasi theme WordPress Anda secara real time. Di bagian sebelah kiri Anda akan melihat beberapa daftar pilihan yang sudah tersedia untuk bisa melakukan perubahan dan di bagian sebelah kanan live preview dari situs Anda dan bisa Anda lihat secara langsung dari perubahan yang sudah Anda lakukan.

Cara Mengubah Judul Dan Tagline WordPress

Di halaman kustomisasi tema ini juga Anda bisa melakukan modifikasi judul situs Anda dan tagline. Untuk dapat melakukan perubahan, Anda cukup mengetikkan judul situs dan Tagline sesuai dengan yang Anda inginkan. Saat Anda mengetik Anda juga akan melihat teks baru muncul di preview di bagian sisi kanan Anda. Setelah Anda puas dengan hasilnya, klik pada Publish.

Customize WordPress
Customize WordPress

WordPress memungkinkan Anda untuk dapat memilih di antara 2 pilihan untuk bisa Anda jadikan sebagai halaman depan atau frontpage Anda, Anda dapat memilih halaman statis yang artinya bisa Anda menampilkan page yang sudah Anda buat, dan yang kedua bisa melihat daftar posting blog terbaru di halaman depan. Ini adalah pengaturan lain yang dapat Anda konfigurasi dari halaman kustomisasi tema.

Secara default, di halaman WordPress juga akan menampilkan postingan artikel terbaru Anda di halaman depan atau homepage. Anda juga bisa mengubah itu dengan beberapa pilihan untuk menampilkan halaman statis. Perlu Anda ingat jika Anda ingin menampilkan halaman statis atau static page, Anda harus membuat Page terlebih dahulu dengan mengakses menu Pages » New Page.

 

Tambahan Menu WordPress Kustomisasi

Jika ada menu tambahan di WordPress kustomisasi biasanya tergantung pada tema yang saat ini Anda gunakan mungkin ada opsi tambahan di halaman tersebut. Misalnya, tema Twenty Seventeen juga memungkinkan Anda untuk memodifikasi warna judul situs & background, bisa menambahkan gambar background dan banyak lagi. Pada WordPress terbaru ini juga menyediakan menu untuk mengatur widget, sehingga Anda dapat dengan mudah juga untuk mengatur area widget yang sudah di sediakan oleh tema wordpress yang Anda gunakan, entah itu untuk mengatur bagian sidebar maupun footer. Setelah Anda puas dengan hasilnya, cukup klik pada tombol Publish untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda buat.