fbpx Skip to main content

Cara Install Theme WordPress Di Localhost Menggunakan WAMPServer

Setelah pada tutorial WordPress sebelumnya kita telah belajar cara Install WAMPServer di Komputer localhost, dan juga sudah mengetahui cara install WordPress menggunakan WAMPServer, maka pada tutorial belajar WordPress kali ini kami akan membahas cara install Theme WordPress di localhost menggunakan WAMPServer.

Template atau Theme merupakan tampilan layout dan desain dari web. WordPress mempunyai template yang sangat beragam. Dari yang berbayar dan ada banyak juga yang gratis. Pemilihan template yang tepat sesuai tema web yang Anda buat bisa menjadikan web Anda enak dan nyaman untuk dikunjungi. Untuk bisa mendapatkan template WordPress, Anda cukup dengan cara Googling, misalnya, masukkan kata kunci Free Theme WordPress.

Jika Anda sebelumnya sudah memiliki blog dengan mesin WordPress dan ingin mengganti dengan theme favorit anda, sebaiknya jangan secara langsung menguploadnya ke web hosting Anda, Tapi ada baiknya Anda melakukan testing terlebih dahulu theme WordPress secara offline pada wordpress localhost. Cara ini sangat bagus untuk menghindari kerusakan terhadap blog Anda yang bisa diakibatkan dari tidak kompatibel nya wordpress theme favorit Anda dengan versi WordPress yang Anda gunakan. Cara inipun bisa mengurangi ketidaknyamanan pengunjung ketika Anda mengganti theme yang masih di edit.

Install Theme WordPress
Install Theme WordPress

Lebih tepat nya disini kita akan membahas dan belajar tentang cara mengganti theme WordPress dengan template gratisan yang sudah banyak di sediakan oleh pihak WordPress sendiri atau bisa juga menggunakan template WordPress Premium favorit yang sudah Anda beli sebelumnya.

Tutorial ini tidak hanya ditujukan untuk yang masih belajar menggunakan WordPress melalui localhost, tapi bisa juga untuk mereka yang sudah punya blog WordPress yang sudah online. Hal ini seharusnya selalu Anda lakukan untuk mengetes terlebih dahulu theme yang ingin Anda gunakan sebelum benar-benar dipakai untuk blog utama Anda. Berikut alasan mengapa Anda harus melakukan testing theme baru pada localhost :

  • Theme yang sudah Anda download kemungkinan belum tentu kompatibel dengan WordPress yang Anda gunakan sekarang, dengan Anda melakukan testing di localhost maka bisa diketahui apakah theme tersebut kompatibel dengan versi WordPress yang Anda gunakan atau tidak. Jika theme yang Anda install tidak kompatibel terkadang akan menimbulkan masalah serius, bukan hanya dari segi tampilan saja namun bisa jadi blog bisa mengalami error secara total.
  • Theme yang sudah dibeli atau di download mungkin tidak sesuai harapan. Terkadang sebelum mendownload atau membeli suatu theme WordPress, ketika melihat Demo dari theme tersebut. Sepertinya demo yang dilihat sangat menarik, tapi ketika di gunakan tidak sesuai dengan topik blog Anda.
  • Theme WordPress yang sulit dioperasikan. Pada beberapa jenis theme (umumnya theme premium WordPress) terkadang kita sulit untuk mengoperasikannya. Berbeda dengan theme yang biasa, theme premium mempunyai banyak pengaturan yang terkadang sangat rumit, oleh karena itu perlu proses pembelajaran terlebih dahulu. Selama proses penyesuaian terhadap theme baru, ada baiknya jika di lakukan pada localhost sehingga tidak mengganggu blog Anda.
  • Anda bisa melakukan edit theme secara bebas. Setiap theme yang baru Anda install, umumnya banyak yang perlu di edit dan disesuaikan. Mengedit theme wordpress secara offline bisa sangat lebih leluasa karena tidak ada rasa takut blog utama akan rusak apabila ada kesalahan edit, proses loading blog yang cepat karena tidak perlu koneksi internet, tidak takut kelihatan acak-acakan karena hanya Anda yang dapat melihat tampilan blog nya.
  • Dan masih ada banyak lagi alasan lainnya.

Cara Install Theme WordPress Di Localhost Menggunakan WAMPServer

Untuk install theme WordPress di localhost/server lokal menggunakan WAMPServer dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara pertama bisa dengan ekstrak file zip ke folder WordPress dan cara kedua unggah file zip melalui Dashboard.

Cara pertama, ekstrak zip

  1. Silahkan download terlebih dahulu theme WordPress favorit anda, disini theme.id akan menggunakan theme yang sudah disediakan oleh wordpress.org yaitu Cordobo Green Park 2, Anda bisa mendownload nya terlebih dahulu di sini.
Download theme Cordobo Green Park 2
Download theme Cordobo Green Park 2
  1. File yang sudah Anda download tadi masih dalam bentuk file zip, oleh karena itu ekstraklah terlebih dahulu file tersebut dengan menggunakan software ekstraktor seperi winzip atau winrar.
Ekstrak theme menggunakan winrar
Ekstrak theme menggunakan winrar
  1. Buka Windows explorer Anda lalu buka directory C:\wamp64\www\wordpress1\wp-content\themes ( ingat bahwa sebelumnya anda telah menginstall WAMPServer), copy lalu paste folder theme Cordobo green park 2 ke dalam directory tersebut.
Memindahkan Theme
Memindahkan Theme
  1. Untuk melihat dan tes theme nya silahkan login ke Dashboard lalu ke menu Appeareance kemudian klik sub menu Themes. untuk mengaktifkan theme yang sudah di ekstrak
Aktifkan Theme di Localhost
Aktifkan Theme di Localhost

Cara kedua, unggah zip

  1. Silahkan jalankan program WAMPServer anda.
  2. Buka blog wordpress local anda lalu isi username dan password login ( http://localhost/wordpress1/wp-admin )
Login WordPress Localhost
Login WordPress Localhost
  1. Saat sudah berada di dashboard blog, Klik menu Appearance ( disebelah kiri ), lalu klik Themes
Menu Appearance
Menu Appearance
  1. Klik tab Add New, atau bisa juga klik Add New Theme.
Menambahkan Theme
Menambahkan Theme
  1. Klik tab Upload Theme, lalu klik Choose File.
Unggah Theme WordPress
Unggah Theme WordPress
  1. Kemudian pilih file theme yang ingin Anda pasang (file theme harus format .zip)
Pilih Theme Untuk di Upload
Pilih Theme Untuk di Upload
  1. Jika file theme sudah terpilih, klik tombol Install Now.
Install Theme WordPress
Install Theme WordPress
  1. Silahkan tunggu sampai proses selesai. Biasanya proses ini tidak memakan waktu yang lama karena masih dalam satu komputer.
  2. Jika proses sudah selesai, akan ada pilihan : PreviewActive, dan Return to Theme Page. Klik Active untuk mengaktifkan Theme tersebut.
Aktifkan Theme WordPress
Aktifkan Theme WordPress
  1. Selesai. Kini theme Anda sudah bisa dilihat dan siap untuk di edit.
Tampilan Theme WordPress Baru
Tampilan Theme WordPress Baru

Dengan melakukan cara install theme WordPress di localhost diatas menggunakan WAMPServer, tentunya Anda bisa melakukan testing terhadap theme tersebut agar selanjutnya bisa Anda upload ke webhosting jika sudah terbukti kompatibel. Selain itu Anda juga bisa mengedit theme tersebut sepuas hati tanpa harus ketakutan rusaknya tampilan blog, karena memang masih dikomputer Anda dan belum online di internet.

Mudah bukan? Cara ini bisa juga Anda lakukan untuk percobaan membuat theme sendiri. Selamat mencoba!