Cara Membuat Database MySQL dengan CMD Menggunakan WAMPServer

Database atau basis data merupakan sebuah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah dan dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak atau program aplikasi untuk bisa menghasilkan informasi. Pengertian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan data yang akan kita simpan. Basis data merupakan aspek yang begitu penting dalam sistem informasi dimana basis data adalah gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data bisa menjadi sangat penting karena bisa mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Sedangkan MySQL merupakan sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL bisa diakses hampir di semua jenis platform seperti Linux, UNIX, dan juga Windows. Meski demikian, MySQL lebih dikenal sebagai manajemen basis data untuk aplikasi berbasis web.

Bagaimana cara membuat database MySQL ? Ada berbagai pilihan metode atau cara untuk membuat database di MySQL. Pilihan pertama adalah bisa membuat database di MySQL melalui cPanel hosting, yang kedua melalui localhost dengan menggunakan command prompt, pilihan terakhir membuat database MySQL melalui phpMyAdmin. Untuk pilihan terakhir sudah kami bahas di artikel sebelumnya.

Cara Membuat Database MySQL dengan CMD Menggunakan WAMPServer

Selain menggunakan cPanel dan phpMyAdmin, untuk membuat database MySQL juga dapat Anda buat melalui perintah command prompt di localhost. Hal ini bisa sangat membantu ketika Anda mau melakukan pengembangan sebuah website tanpa harus terhubung ke internet.

Anda hanya butuh untuk melakukan instalasi MySQL di komputer yang Anda gunakan, lalu menjalankan perintah melalui command prompt untuk membuat database MySQL.

Disini kami akan menggunakan WAMPServer untuk membuat database MySQL, berikut langkah-langkahnya :

  1. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi WAMPServer di komputer, Jika belum punya Anda dapat mengunduhnya dengan mengunjungi tautan berikut. Setelah proses instalasi selesai silakan jalankan WAMPServer.
  2. Bukan CMD / Command Prompt menggunakan menu Run dengan menekan logo Windows + R, kemudian ketikkan cmd lalu tekan Enter.
Command Prompt
Command Prompt
  1. Setelah itu ketikkan perintah berikut cd c:\wamp64\bin\mysql\mysql5.7.19\bin kemudian tekan enter.
Akses MySQL di Command Prompt
Akses MySQL di Command Prompt

Note : Perintah ini harus sesuai dengan lokasi tempat Anda menginstal WAMPServer dan versi MySQL yang terinstal, pada contoh ini kami menginstalnya di direktori c:\ dengan versi MySQL 5.7.19, silakan disesuaikan dengan lokasi instalasi dan versi MySQL milik Anda.

  1. Selanjutnya silakan ketikkan perintah mysql -u root kemudian tekan Enter
Akses MySQL
Akses MySQL
  1. Untuk bisa membuat database baru silakan gunakan perintah berikut create database namadatabaseanda; kemudian tekan Enter, pada contoh ini untuk database menggunakan nama databasebelajar.
Membuat Database Baru
Membuat Database Baru
  1. Untuk melihat daftar database yang ada dan yang Anda buat tadi silakan ketikkan perintah show databases;
Menampilkan Database
Menampilkan Database

Sekian tutorial cara membuat database MySQL dengan CMD menggunakan WAMPServer, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga tutorial ini dapat berguna. Jika Anda memiliki pertanyaan yang berhubungan dengan tutorial ini jangan ragu untuk berkomentar.